Siapa Tokoh Hebat Dunia Penemu Teknologi ?

3 Penemu Hebat Sepanjang Sejarah Sains Dunia - Yaitu, Albert Einstein, Alexander Fleming, Antony Van Leeuwenhoek, Euclid yang masing - masing menemukan penemuan yang berharga bagi perkembangan sains di dunia. Mereka adalah orang - orang yang sangat genius


1. Alexander Fleming

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fleming, banyak ditemukan obat antiseptik yang justru merusak tubuh manusia, bukan mengobati penyakit yang diderita. Atas dasar pemikiran inilah, Fleming melakukan percobaan untuk membuat pinisilin.
Percobaan Flemingpun berhasil. Pinisilin yang ia buat mampu membunuh kuman, tetapi tidak berbahaya terhadap tubuh manusia. Ini merupakan penemuan yang benar-benar hebat. Fleming menemukan Pinisilin pada tahun 1928 di sebuah laboratorium miliknya. Penemuan Fleming disebarluaskan mulai tahun 1929. Akan tetapi, kurang lebih sepuluh tahun, penemuan Fleming ini kurang diperhatikan oleh dunia kedokteran, seolah-olah bukanlah penemuan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. 
Pada tahun 1930, dua orang ahli kesehatan Inggris yaitu Howard Walter dan Ernst Boris Chain menemukan tulisan – tulisan Fleming. Tulisan tulisan ini pada tahun 1941 dipelajari secara teliti oleh mereka. Penelitian Howard Welter Florey dan Ernst Boris Chain ini benar benar sangat menakjubkan. Ternyata, pinisilin merupakan obat yang sangat berharga.
Pinisilin mula mula dipergunakan hanya untuk korban perang, tetapi pada tahun 1944 mulai dapat dipergunakan oleh penduduk sipil Inggris dan Amerika Serikat. Tahun 1945, pinisilin penemuan Fleming ini menyebar luas ke seluruh dunia, dan pada tahun ini juga Fleming mendapatkan hadiah nobel. Fleming dilahirkan di Lochfield, Skotlandia tahun 1881, dan wafat pada tahun 1955

2. Antony Van Leeuwenhoek

Kuman adalah sejenis penyakit yang setiap saat dapat menyerang manusia atau hewan. Manusia atau hewan yang terserang kuman akan sakit, bahkan dapat meninggal dunia. Antony adalah orang pertama yang menemukan kuman. Antony dilahirkan di Delft, Belanda, pada tahun 1632. Penelitian terhadap kuman sebenarnya bukanlah keahliannya. Kesenangan Antony terhadap mikroskop membawa namanya ke ambang kemashuran.

Untuk meneliti benda sekecil kuman, harus menggunakan mikroskop. Karena saat itu belum ada mikroskop, Antony membuatnya sendiri, walaupun ia tidak memiliki dasar pendidikan khusus di bidang mikroskop. Dengan berbekal semangat, ia mampu menciptakan mikroskop dengan sempurna yang dapat membesarkan benda sampai 270 kali.
Karena rasa ingin tahunya yang tak terhingga terhadap berbagai jenis benda, Antony meneliti bentuk benda – benda yang berukuran sangat kecil seperti ; rambut, serat, serangga kecil, dan sebagainya. Dari pengamatan dan rasa ingin tahunya tersebut, Antony membuat catatan – catatan dan gambar – gambar benda kecil. Antony juga merupakan orang yang pertama meneliti dan mengistilahkan sel darah merah dan darah putih. Ia pun terkenal sebagai orang yang pertama menjabarkan Spermatozoa, yaitu ilmu yang mempelajari dan meneliti sperma.
Tahun 1674 merupakan tahun yang istimewa bagi Antony, karena pada tahun inilah Antony menemukan kuman yang mampu mengangkat namanya lebih terkenal lagi. Antony Van Leeuwenhouk wafat di tempat kelahirannya, yaitu di Delft, Belanda pada tahun 1723.

3. Euclid


Euclid adalah seorang ahli ilmu ukur dari Yunani. Ilmu ukur adalah suatu disiplin ilmu dasar Matematika. Ilmu ukur yang diciptakan Euclid sampai sekarang dijadikan dasar ilmu matematika, terutama dalam bidang aljabar dan geometri. Buku yang pernah disusun Euclid bernama The Elementers. Dan dari buku inilah generasi ahli matematika berikutnya mengembangkan aljabar dan geometri. Sehingga tidak heran apabila buku The Elementers dijadikan buku pegangan oleh para ahli matematika selama lebih dari 2000 tahun.

0 komentar

Post a Comment